Jumat, 23 September 2016

Sharing info Penanganan Bayi sebelum dan setelah Vaksin

Tadi, seorang Sahabat saya share tetang bagaimana memperlakukan bayi sebelum dan setelah Vaksi. Yang dibahas adalah vaksin yang paling sering bikin demam. Apalagi kalau bukan vaksin DPT yang dibagi menjadi 3 gelombang ini.

Emak  - emak yang sering ikutkan babynya vaksin pasti hafal dengan nama vaksin ini. Jika menggunakan vaksin dari pemerintah (posyandu dkk) biasanya bayi akan demam dimulai dari vaksin DPT 1, 2 dan 3. Kadang kita sebagai Ibu mendadak panik saat si baby kesayangan rewel tidak karuan.

Nah, berhubung postingan teman ini terbuka untuk sharing, jadilah saya menulis panjang lebar berdasarkan pengalaman saya. Karena dari tulisan teman itu, sepertinya pro pemberian obat - obatan pada bayi.

Kalau masalah vaksin, #babyPutri selalu demam setelah vaksin DPT. Sedangkan waktu vaksinya kadang pagi atau siang. Trus baby bener harus sehat dong sebelum di vaksin.

Kalau baby putri juga sebelum vaksin tidak saya mandi, nanti setelah pulang dari vaksin saya langsung mandi air hangat dan kadang lebih lama berendam di baskomnya ketimbang waktu mandi biasanya. Trus meski belum demam, saya langsung kompres air hangat di lokasi suntikan tujuannya untuk meminimalisir bengkak dan nyeri nantinya.

Untuk obat penurun demam, setiap dokter anak memberi obat penurun demam, saya termasuk emak2 yang tidak protektif terhadap obat2an untuk bayi (dalam artian, jika masih bisa cara lain, jalani dulu) tidak serta merta memberinya obat tersebut karena bagaimanapun obat itu kan dari bahan kimia kan yah? Jadi sebisa mungkin sy cuma kasi kompres air hangat sambil observasi tinggi panasnya. Karena normalnya demam akibat vaksin baby putri cuma bertahan 1 malam, jadi berusaha jadi emak yang sabar banget di saat - saat itu, pang cuma semalam. Jika demam sudah lebih 2 malam atau diatas 38°, baru dicarikan solusi (paracetamol atau ke DSA).

Kasian kan baby kita jika demam dikit.... obat... batuk dikit... obat, flu dikit... obat. Maaf beb, nulisnya kepanjangan yah. Hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar